Tips Siapkan Bekal Sehat Anak

bekal

Konsumsi makan anak akan makin terkontrol saat Anda membawakan bekal untuknya. Bagaimanapun, aktivitas yang banyak di sekolah membuat anak harus mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup dan seimbang. Dengan membawakan bekal pula, Anda tak lagi cemas dengan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi anak.

Agar isi bekal anak bisa membantu memenuhi kebutuhan gizinya, siapkan bekal dengan panduan sebagai berikut:

– Isi bekal dengan buah-buahan dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Buah yang dibawakan sebaiknya adalah buah segar dan sudah dalam bentuk langsung makan sehingga anak tak reppot saat akan memngonsumsinya.

– Selain nasi atau sumber karbohidrat lain, tambahkan sumber protein seperti daging, telur, atau ayam dan protein nebati seperti tahu, tempe atau kacang-kacangan.

– Sedangkan untuk minuman, Anda bisa membawakan air mineral, susu atau jus buah. Piluh buah seperti jeruk, mangga, jambu atau semangka yang tidak memiliki efek browning (warna jus menjadi cokelat akibat terpapar oksigen), agar tetap menarik. hindari memberikan jus kemasan atau minuman energi yang justru tinggi gula yang bisa meningkatkan risiko karies gigi.

Sedangkan agar bekal anak tetap aman dan bersih, berikut pandauan dari The American Dietetic Association dan U.S. Department of Agriculture’s Food Safety and Inspection Service:

1. Simpan makanan yang mudah basi atau tidak tahan lama dalam keadaan dingin dengan kantong makan siang yang terisolasi, disertai kantong es atau botol air dingin beku.
2. Cuci kotak makan siang anak dengan air hangat dan sabun setelah setiap kali digunakan.
3. Cuci semua buah dan sayuran, termasuk buah dan sayuran yang masih disertai dengan kulitnya.
4. Pastikan anak mencuci tangan setiap kali sebelum makan maupun saat akan mengonsumsi makanan ringan.
5. Setelah makan siang, buanglah semua makanan sisa dan plastik atau tempat makanan bekas. Jangan menggunakan kembali tempat makan karena dapat mengontaminasi makanan lainnya dan menyebabkan penyakit.

(1health.id)

Leave a Comment