Tips Sehat: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pencernaan

 

sehat perut

Carina Wolff dari Bustle.com mengungkapkan 5 langkah mudah untuk membuat perut sehat sebagai berikut:

1. Makanlah makanan yang bersih

Mengonsumsi makanan yang bersih akan membantu perut untuk mencerna makanan dengan mudah sehingga mencegah masalah pencernan. Sayuran, bumbu, dan makanan yang banyak mengandung air akan membuat pencernaan selalu sehat. Sementara itu gula, garam dan makanan berlemak kemungkinan akan membuat masalah dalam sistem pencernaan.

Membiasakan mengunyah makanan lebih lama juga bisa membantu usus untuk lebih mudah mencerna makanan yang masuk ke dalam perut. Selain itu, dengan mengunyah makanan lebih lama maka makanan tersebut akan dapat dinetralkan oleh air liur kita, sehingga nantinya tidak akan berdampak pada peningkatan asam lambung pada saat makanan tersebut dicerna oleh lambung.

2. Minumlah air

Air digunakan untuk menjaga tingkat pH tubuh. Jika tingkat pH itu terlalu asam, artinya asam lambung meningkat sehingga perut terasa melilit. Air bisa mencegah terjadinya meningkatnya kadar asam dalam lambung. Jika tubuh tidak bisa membuang limbah, maka limbah itu akan bertahan dalam usus besar sampai akhirnya bisa terbuang.

Harus dicatat bahwa pencernaan yang sehat membutuhkan asupan cairan yang cukup. Banyak faktor seperti olahraga, cuaca, berat badan dan kesehatan memengaruhi berapa banyak air yang tepat bagi Anda.

Rekomendasi standar untuk mengkonsumsi setara dengan 8 gelas air sehari. Apapun pedoman Anda gunakan, penting untuk memastikan Anda minum cukup cairan sepanjang hari, apakah itu dalam bentuk air sederhana, atau sumber makanan kaya air seperti sup.

3. Ingat probiotik

Probiotik yang berisi enzim juga bisa membantu sistem pencernaan. Contoh probiotik yang bisa dikonsumsi antara lain adalah yogurt, kimchi, dan miso. Selain itu, probiotik dapat terkandung dalam beberapa jenis makanan dan minuman lain seperti sereal, coklat batangan, biskuit, dan jus.

Probiotik juga membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan, serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan buruk.

4. Perbanyak makan serat

Serat memainkan peran penting dalam kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu bakteri baik yang ada di dalam perut. Jadikan hijau warna favorit makanan Anda. Sayur sebagai sumber serat bebas lemak cocok untuk menu diet sehat.

5. Batasi kafein dan alkohol.

Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi dari sistem pencernaan, dan menyebabkan masalah seperti meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan sakit maag dan bisa juga terjadi heartburn (sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan).

Leave a Comment