Ternyata, Bersin-bersin Tak Selalu Karena Pilek. Simak Ini!

bersin

Bersin-bersin bukan hanya menjadi gejala pilek. Apalagi bila bersin hanya Anda alami pada waktu atau kondisi tertentu saja. Hal tersebut bisa jadi gejala rhinitis. Anda sebaiknya mengetahui lebih jauh tentang rhinitis.

Rhinitis merupakan iritasi atau peradangan pada membran mukosa di dalam hidung. Rhinitis terbagi menjadi dua, yaitu rhinitis alergi dan rhinitis nonalergi. Berikut perbedaan kedua jenis rhinitis tersebut.

Rhinitis alergi

Rhinitis alergi akan muncul saat terpapar oleh alergen, seperti debu, serpihan kulit, atau serbuk sari. Saat hal ini terjadi, Anda akan mengalami beberapa gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat atau berlendir, berkurangnya indera penciuman, serta rasa tidak nyaman, gatal, atau iritasi ringan di dalam atau di area sekitar hidung.

Untuk mengetahui kemungkinan Anda terkena rhinitis alergi, Anda harus mengetahui gejala serta riwayat kesehatan pribadi dan keluarga.

Jika Anda sudah mengetahui apa alergen yang menyebabkan rhinitis alergi terjadi, Anda sebaiknya menghindarinya agar rhinitis dapat reda. Bila tak kunjung reda, Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Rhinitis non alergi

Rhinitis non alergi adalah rhinitis yang disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri. Selain mengalami bersin-bersin, Anda juga akan mengalami gejala lain, seperti nyeri, sakit otot, dan batuk. Selain itu, akan muncul kerak di dalam hidung, yang menimbulkan bau busuk. Kerak tersebut biasanya akan menimbulkan perdarahan bila Anda menyingkirkannya.

Pada rhinitis yang terjadi akibat bakteri, biasanya akan diatasi dengan pemberian antibiotik. Namun jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik. Konsultasikanlah pada dokter untuk mengetahui dosis dan cara pemakaian yang tepat.

sumber: 1health.id

Leave a Comment