Suka Sayuran Pare? Ini 5 Khasiat Dari Sayuran Pare Bagi Kesehatan

khasiat pare

Sayuran Pare Biasanya sering dimasak oleh sebagian besar keluarga dirumah atau di warung makan. Tapi anda tahu tidak jika sayuran pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ini 5 khasiat sayuran pare bagi tubuh kita.

1. Memelihara Fungsi Hati & Meningkatkan Nafsu Makan

Secara tradisional daun pare digunakan sebagai obat penyembuh demam akibat gangguan fungsi hati. Dalam hal ini, yang digunakan bukanlah buah pare, tetapi daunnya. Ekstrak daun pare yang lebih dikenal sebagai jamu lever jika diminum setiap pagi selama tiga hari berturut-turut dapat memulihkan nafsu makan dan menghilangkan demam akibat gangguan fungsi hati. Peningkatan nafsu makan disebabkan oleh adanya asam trichosanat dan senyawa alkaloid yang membantu pencernaan makanan dalam lambung.

2. Mengendalikan Gula Darah Penderita Diabetes

Kadar kalsium dalam buah pare tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pankreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi, kadar glukosa yang berlebih dapat diimbangi, sehingga kadar glukosa dalam darah akan menjadi normal atau menjadi terkontrol. Hal ini didasarkan atas penelitian yang dilakukan oleh pusat penelitian Obat Tradisional dari Universitas Gajah Mada tahun 1991 terhadap 10 orang penderita diabetes ringan (kelenjar pankreasnya masih dapat menghasilkan insulin) yang diberi ekstrak buah pare 3 gram sebanyak 3 kali sehari selama 2 minggu, menunjukkan penurunan kadar glukosa darah secara signifikan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pare juga dapat membersihkan sistem jaringan tubuh anda dan kaya akan antioksidan. Sehingga, Pare sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh anda, maka akan lebih kuat dalam melawan penyakit.

4. Menangkal Sel Kanker

Salah satu manfaat buah pare untuk kesehatan adalah dapat menjadi penagkal sel kanker. Pada penelitian di Jepang, menunjukkan bahwa zat lesichin pada buah pare dapat meningkatkan kekebalan untuk menangkal perkembangan sel kanker.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah dan daun pare mengandung Albiminoid, karbohidrat, minyak lemak, asam dammar, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, dan C dapat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, yaitu menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan sinar ultra violet. Ini berarti buah pare dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah. Sementara akarnya mengandung momordial dan asam aleonolat. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Leave a Comment