Penyebab dan Pencegahan Penyakit Hernia

hernia-berbahaya

Hernia adalah penyakit yang disebabkan oleh turunnya usus ke bawah selaput perut sampai ke kantung buah zakar. Penyakit ini sering terjadi pada pekerja berat yang banyak mengangkut benda atau barang seperti kuli pelabuhan dan pekerja pabrik. Penyakit hernia juga bisa menimpa orang yang sering mengejan terlalu kuat, misalnya peniup saxophone atau balon udara.

Selain pengertian diatas, hernia (herniae) bisa juga diartikan sebagai menonjolnya organ dalam tubuh, keluar dari posisi aslinya, dan masuk ke posisi yang tidak normal melalui suatu defek atau lokasi yang lemah pada dinding rongga tertentu. Contoh penyakit hernia yang sering ditemui adalah hernia inguinalis, yaitu penonjolan organ dalam perut, seperti sebagian usus, ke arah selangkangan, melalui titik lemah pada dinding perut.

Masyarakat perkotaan relatif rentan terhadap penyakit ini. Mengapa ? Sebab, orang yang tinggal dikota besar memiliki lebih banyak aktifitas dan kesibukan. Mereka dituntut memiliki stamina tinggi. Bila stamina menurun dan hal itu terjadi terus menerus, maka yang bersangkutan akan rentan terhadap penyakit hernia ini.

PENYEBAB PENYAKIT HERNIA

Penyebab penyakit hernia adalah tidak sempurnanya penutupan kanal saluran perpindahan organ saat bayi masih dalam kandungan. Sehingga saluran yang mestinya menutup tersebut, tetap terbuka dan menjadi titik lemah, misalnya pada dinding perut. Pada bayi laki-laki, testis yang semula berada di dalam perut, akan berpindah ke lokasi normalnya sebelum bayi lahir. Nah,perpindahan tersebut melalui sebuah saluran khusus. Jika saluran tersebut tidak tertutup setelah bayi lahir, maka bayi dapat menderita penyakit hernia.

Penyebab hernia yang lainnya adalah : adanya tekanan dalam rongga tubuh yang besar. Misalnya, karena seseorang mengedan secara terus-menerus akibat konstipasi menahun, wanita hamil dan mau melahirkan, adanya penumpukan cairan tak normal dalam rongga perut (ascites), batuk terus-menerus, penyakit paru, obesitas, dan lain-lain.

CARA MENCEGAH PENYAKIT HERNIA

Mungkin sulit untuk mencegah melemahnya kinerja otot perut yang menjadi sebab timbulnya penyakit hernia. Tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot-otot tersebut untuk membantu menghindari hernia atau setidaknya tidak memperburuk penyakit hernia yang telah terjadi. Beberapa tips pencegahan penyakit hernia tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tidak merokok
  • Periksa ke dokter ketika terserang batuk yang berlarut-larut
  • Mempertahankan berat badan tetap ideal
  • Menghindari mengejan berlebihan saat buang air besar atau buang air kecil
  • Hindari mengangkat beban yang berlebihan

Sangat penting untuk mengenali tanda-tanda awal atau gejala penyakit hernia ini. Hernia jika tidak diobati tidak akan sembuh dengan sendirinya. Namun, dengan perawatan atau perubahan gaya hidup yang lebih sehat, dapat meminimalkan resiko terserang penyakit hernia dan menghindari komplikasi yang dapat mengancam jiwa.

Leave a Comment