Jerawatan? Atasi Dengan 5 Buah dan Sayuran Ini

jerawat'

Jerawat membandel? Pakai produk penghilang jerawat risikonya besar? Tuntaskan jerawat secara alami dengan 5 sayur dan buah ini

1. Tomat

Termasuk dalam jenis sayuran meski banyak juga yang menganggapnya sebagai buah. Tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk mengobati beberapa penyakit ringan. Jika sehari-hari tomat sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan seperti salad, lalapan, atau bahan dasar membuat saos, ternyata ada cara lain merasakan manfaat tomat. Kandungan vitamin C, vitamin A dan lycopene nya sangat tinggi dapat memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat.

tomat

Selain bisa dikonsumsi langsung atau dijus, memanfaatkan tomat bisa juga dengan cara dijadikan masker alami. Caranya sangat mudah, cukup hancurkan satu buah tomat segar dan lembutkan hingga memiliki tekstur seperti bubur. Oleskan merata ke seluruh wajah (baik yang berjerawat maupun tidak), diamkan selama satu jam lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan selama satu minggu untuk menghilangkan jerawat.

2 Lidah Buaya

Tumbuhan yang berwarna hijau dengan lapisan kulit luar bergigi dan lapisan dalamnya yang seperti gel ini telah digunakan sebagai penyembuh luka bakar yang ampuh sejak berabad-abad yang lalu. Disebut juga Aloe Vera dalam bahasa latin, selain bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, tanaman ini juga mampu mengatasi masalah kerontokan rambut dan jerawat. Gel yang terdapat pada daging lidah buaya berfungsi sebagai antibakteri dan astringen yang mampu mencegah dan mengobati jerawat pada wajah.

lidah buaya

Cara penggunaan untuk mencegah dan mengatasi jerawat terbilang sederhana. Cukup dengan merawat muka dengan masker gel dari daging lidah buaya secara teratur agar minyak berlebih terangkat, menjadikan wajah lebih segar dan bersih, atau bisa juga dengan menempelkan potongan gel lidah buaya di lokasi jerawat tumbuh tiap pagi dan malam hari. Awal penggunaan biasanya jerawat akan terlihat lebih parah, tapi jika dilakukan secara rutin wajah akan bebas dari jerawat dengan bertahap.

3. Starawberry

Untuk mengatasi jerawat dengan stroberi, bisa salah satunya dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Siapkan secangkir buah stroberi segar, satu butir putih telur dan dua sendok teh madu. Campurkan buah stroberi yang telah dilembutkan bersama putih telur dan madu hingga merata lalu oleskan menyeluruh ke wajah. Diamkan sekitar 10-20 menit lalu bersihkan dengan air dingin atau air hangat. Kandungan saliculc acid dalam stroberi merupakan bahan pengering yang mampu membatu mengurangi jerawat.

4. Wortel

Masih ingat ucapan khas Bugs Bunny ini? Tokoh kartun Looney Toons tersebut selalu memegang wortel dan memakannya dengan lahap. Nah, tahukah anda bahwa wortel tidak hanya bisa membantu kesehatan mata? Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam wortel ternyata sangat efektif dalam mencegah jerawat. Buatlah jus dari 4-5 wortel besar dan minumlah setiap pagi. Asupan wortel dapat membantu tubuh mendapatkan kandungan vitamin A dan mineral lain yang tinggi yang dapat mengurangi jerawat.

Selain itu dapat juga digunakan sebagai masker wajah dengan menumbuk/menghancurkan wortel hingga halus, campur dengan satu sendok madu, satu sendok minyak zaitun, dan beberapa tetesan air lemon. Oleskan masker pada wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya, diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan. Gunakan secara rutin setiap malam sebelum tidur. Selain mengurangi jerawat, wortel juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat yang sering membandel.

5. Buah Melon

Buah yang satu ini merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis labu-labuan. Bertekstur lunak dan memiliki warna putih hingga merah tergantung jenis melonnya. Segar dan memiliki kadar air yang tinggi, sangat baik bagi penderita panas dalam, mendinginkan perut dan membersihkan ginjal. Sering digunakan untuk makanan saat sedang berdiet karena kaya akan serat dan melancarkan pencernaan.

melon

Memiliki kandungan vitamin A yang juga mampu mengatasi jerawat. Cukup rutin mengkonsumsi buah melon dengan dimakan langsung, diolah bersama salad buah, atau diolah menjadi jus segar. Dapat juga digunakan sebagai masker wajah dengan mengiris tipis-tipis dan ditempelkan pada wajah selama 15-20 menit.

Leave a Comment