Jangan Sepelekan ini, 12.146 Wanita Indonesia Derita Kanker Payudara

kanker payudara

Bagi wanita perlu mewaspadai penyakit kanker payudara. Penyakit tersebut menempati penyakit kanker paling bahaya yang mengancam nyawa wanita.

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 29.418 wanita yang mengidap kanker, 12.146 diantaranya penyakit kanker payudara.

dr Vera Nevyta Tarigan, SpRad, dokter spesialis radiologi dari Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta mengungkapkan, kanker payudara menempati urutan pertama dari seluruh kanker yang menyerang wanita di Indonesia, dengan jumlah persentase 18,6 persen.

Agar wanita lainnya tidak menjadi korban atas penyakit ini, maka perlu mewaspadai gejalanya.

Adapun gejalanya imbuh dr Vera Nevyta Tarigan, waspadai adanya benjolan yang teraba di payudara, perubahan ukuran dan bentuk, kerutan pada kulit, puting yang tertarik, keluarnya cairan merah dari puting, dan teraba benjolan di ketiak.

”Deteksi dini adalah kunci utama mencegah kanker payudara. Karena kanker payudara hampir selalu ditemukan pada stadium lanjut,” jelas dr Vera Nevyta Tarigan sebagaimana yang dikutip dari Indopos (Jawa Pos Group), Rabu (25/5)

Menurutnya, hingga saat ini tidak ada penyebab pasti kanker payudara.

Tetapi diketahui, faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker payudara adalah gaya hidup yang tidak sehat, kurang beraktivitas, diet rendah serat, dan riwayat keluarga yang terkena kanker payudara.

Lebih jauh Vera Nevyta Tarigan menyarankan para wanita untuk selalu menjaga kebersihan dan menggunakan pola hidup sehat dan memperbanyak aktivitas.

(jawapos.com)

Leave a Comment