Inilah 5 Hal yang Sering Dilakukan Tanpa Disadari Bisa Merusak Gigi

gigi

Secara tidak sadar, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak gigi dan membuatnya menjadi rapuh. Jika terus dilakukan, siap-siap gigi jadi cepat tanggal.

Seperti dirangkum detikHealth, berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak gigi:

1. Kunyah es batu
Jika gigi terus-menerus digunakan untuk mengunyah es batu yang keras dan dingin, maka lama-kelamaan gigi bisa jadi lemah. Ini karena kebiasaan tersebut menyebabkan retakan mikroskopis di permukaan enamel, yang kemudian membuat gigi menjadi mudah rapuh dari waktu ke waktu.

2. Minum kopi dan teh
Minum minuman panas seperti kopi dan teh terlalu sering tidak hanya dapat membuat gigi menjadi rapuh, tapi lama-kelamaan juga dapat mengubah warna gigi. Bahkan, teh disebut-sebut lebih berpotensi menodai gigi dibandingkan kopi karena kandungan tannin di dalamnya.

3. Berenang
Bukan aktivitas berenangnya yang memengaruhi kesehatan gigi, tapi efek kandungan klorin yang umumnya ada di dalam kolam renang. Bahan kimia tersebut diketahui berhubungan dengan pengikisan enamel gigi. American Journal of Dentistry dan The Journal of Canadian Dental Association melaporkan bahwa berenang terus-menerus di kolam renang yang tinggi klorin selama 34 minggu dapat menyebabkan peningkatan pesat dalam erosi gigi. Cara mengakalinya, usahakan Anda menutup mulut saat sedang berenang atau bermain di kolam renang.

4. Sikat gigi terlalu sering
Menyikat gigi memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, namun sebaiknya jangan dilakukan berlebihan. Hal ini justru dapat merusak lapisan gigi, terutama karena kandungan bahan kimia dari pasta gigi.

5. Menjadikan gigi sebagai ‘perkakas’
Sebagian orang sering menggunakan gigi dalam banyak hal selain mengunyah, seperti untuk merobek label pakaian, membuka bungkus makanan, bahkan membuka tutup botol. Kebiasaan ini dapat membuat gigi menjadi trauma dan menyebabkan gigi menjadi rapuh.

sumber: detik.com

Leave a Comment