Hilangkan Stres Atau Gangguan Jiwa dengan Olahraga

Menurut Daniel M. Landers, pakar kesehatan dari Universitas Arizona, meluangkan waktu untuk berolahraga—meski 10 menit—setiap hari bisa meningkatkan kesehatan mental.

Olahraga memicu produksi hormon endorphin pada tubuh. Hormon inilah yang mampu menimbulkan perasaan bahagia. Beberapa penelitian menyebutkan jika kehadiran hormon endorphin ini kemudian berkorelasi pada kesehatan mental seseorang.

soccer-shots-san-diego1

Menurut sebuah penelitian di Inggris, sekitar 85% penderita depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya, diterapi dengan kegiatan olahraga untuk memperbaiki perasaan hatinya. Mereka rata-rata harsu menjalani olahraga rutin selama 6 minggu untuk mendapatkan efek bahagia. Beberapa dokter kesehatan jiwa juga meresepkan olahraga selain obat-obatan penenang untuk pasien schizophrenia.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan mental.

Mengurangi stres.

Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi stress. Banyak faktor pemicu, mulai dari beban kerja di kantor, kemacetan di jalan raya, atau perasaan was-was dan cemas karena suatu ancaman. Saat berada dalam kondisi ini, Daniels menganjurkan agar Anda segera melakukan olahraga. Seperti aerobic, bersepeda, berenang atau yoga.

Meningkatkan gelombang alfa.

Ini adalah gelombang otak yang berkaitan dengan perasaan bahagia, tenang, dan damai. Beberapa penelitian, menyebut jika semakin tinggi gelombang alfa, semakin baik kesehatan mental seseorang. Daniels menjelaskan, melakukan jogging selama 20 menit bisa meningkatkan gelombang alfa dan mengurangi kecemasan.

Meningkatkan kemampuan otak.

Saat berolahraga kadar oksigen dalam tubuh terus dipompa. Efeknya membantu melancarkan peredaran darah. Otak yang mendapatkan asupan darah yang baik selanjutnya akan bekerja maksimal. Manfaatnya, kondisi fisik dan mental seseorang akan semakin membaik.

Leave a Comment