Cara Mudah ini Bisa Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Gejala-Penyakit-Ginjal

Penyakit batu ginjal sudah tidak asing lagi, yakni sebuah kerikil kecil yang terbentuk di ginjal dan terasa meyakitkan dan keluar melalui saluran kemih.

Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen, tapi terasa sangat menyakitkan.

Batu ginjal biasanya menyerang lebih sering pada pria, namun jumlah wanita yang menderita penyakit itu kini telah meningkat selama 10 tahun terakhir.

“Sekarang lebih banyak perempuan yang terkena batu ginjal, mungkin karena perubahan pola makan dan iklim,” kata pendiri Austin Urology Institute, Dr. Koushik Shaw, seperti dilansir laman Care2, Minggu (24/4).

Perempuan beresiko terkena batu ginjal saat menginjak 50 tahun, tapi risiko juga bisa muncul selama kehamilan, karena ekskresi kalsium tinggi tubuh.

Menurut Shaw, diet merupakan faktor penting dalam mencegah batu ginjal dan penelitian telah menunjukkan korelasi dengan obesitas dan batu asam urat.

“Sitrat yang secara alami ditemukan dalam lemon, membantu batu dari pembentukan dan mencegah pembentukan batu yang lebih besar,” jelas Shaw.

Shaw merekomendasikan untuk memeras lemon dua kali sehari serta memastikan asupan air minum mencapai enam sampai delapan gelas per hari, terutama jika Anda tinggal di iklim lembab. Cara itu cukup ampuh mencegah Anda terkena batu ginjal. Yuk silakan dicoba.

sumber: jpnn.com

Leave a Comment