Bau Kaki? Usir Dengan Cara Ini

bau kaki

Bersepatu tanpa kaus kaki rentan menyebabkan bau kaki. Bau itu berasal dari bakteri yang tumbuh pada kaki Anda yang hidup dan terus berkembang. Apapun jenis sepatu Anda, kets ataupun boilot, berikut adalah cara pintar dan murah untuk mencegah kaki berbau tak sedap.

Cuci kaki Anda secara menyeluruh
Bakteri pada kaki Anda terus berkembangbiak, sehingga Anda perlu mencuci kaki Anda dengan saksama dan menyeluruh untuk membantu memerangi bau yang memalukan.

Sabuni telapak kaki dan antara jari-jari kaki Anda. Bilas, dan ketika Anda keluar dari kamar mandi pastikan untuk mengeringkan kaki Anda. Sebelum memakai sepatu, bantu keringkan kaki dengan pengering rambut.

Jangan memakai sepatu yang sama dua hari berturut-turut
Kita semua memiliki sepatu favorit yang ingin dipakai setiap hari. Tapi, memakai sepatu sama dua hari berturut-turut akan menyebabkan risiko bau kaki meningkat.

Mengapa? Karena Anda tidak memberikan waktu cukup bagi sepatu Anda untuk benar-benar kering. Jadi, pastikan untuk memutar pemakaia koleksi separu Anda agar tidak menggunakan sepatu yang sama hari demi hari.

Taburkan bedak kaki
Jika kaki Anda cenderung berkeringat maka pencegahan adalah kunci. Taburkan bedak kaki sebelum Anda memakai sepatu sehingga kaki Anda (dan sepatu) tetap kering sepanjang hari.

Baking soda + penyaring kopi
Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau sepatu Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi filter kopi yang tidak terpakai dengan baking soda. Tempatkan di dalam setiap sepatu di akhir hari dan baking soda akan bekerja menghilangkan bau dalam semalam.

Tas sepatu + freezer
Tempatkan sepatu Anda ke dalam kantung atau tas khusus sepatu, tutup rapat, masukkan ke dalam freezer semalaman. Suhu beku akan membantu melenyapkan bakteri dan sepatu akan bebas aroma tak sedap di waktu pagi.

Pasir kucing + stoking
Pasir kucing dapat menyerap kelembapan dan bau, Anda sudah tahu hal itu. Hal yang sama dapat diterapkan untuk sepatu Anda.

Ambil stoking atau kaus kaki usang dan isi dengan pasir kucing wangi. Ikat ujungnya dengan karet gelang dan tempatkan di dalam sepatu di malam hari untuk menyerap bau dan kelembapan.

Alkohol + botol semprot
Isi botol semprot dengan alkohol dan semprotkan ke sepatu Anda. Alkohol akan membunuh bakteri yang ada. Hanya pastikan untuk tidak terlalu banyak menyemprotnya agar sepatu Anda tidak rusak.

sumber: health.kompas.com

Leave a Comment