7 Khasiat Luar Biasa Yang Terkandung Dalam Wortel

Wortel, selain sebagai sumber vitamin A, juga dapat membantu masalah pada kulit, mencegah kanker, serta terkait dengan anti-penuaan sehingga cocok sebagai ‘obat awet muda’. Benarkah?

Yuk kita simak apa sajakah khasiat yang didapat dari sayuran menakjubkan ini:

1. Membantu mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah satu-satunya sumber umum dari senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker menjadi 1/3 lebih rendah pada seekor tikus yang makan wortel.

2. Meningkatkan penglihatan

Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam.

Beta-karoten juga telah ditunjuk dapat melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak senilis. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan dalam jumlah besar beta-karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

3. Membuat kulit lebih sehat

Vitamin A dan antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kekurangan vitamin A justru dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin A juga dapat mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda dan warna kulit yang tidak merata.

4. Memperlambat penuaan

Tingginya tingkat beta-karoten dalam wortel bisa bertindak sebagai antioksidan untuk kerusakan sel yang dilakukan untuk tubuh melalui metabolisme biasa. Ini membantu memperlambat penuaan sel.

5. Masker wajah

Wortel dapat juga digunakan sebagai masker wajah yang murah dan sangat nyaman. Cukup campurkan wortel parut dengan sedikit madu, lalu bisa dipakai untuk masker wajah.

6. Membantu mencegah infeksi

Wortel dikenal oleh herbalis untuk mencegah infeksi. Mereka dapat digunakan pada luka robek dalam kondisi yang masih mentah atau direbus dan dihaluskan.

7. Membersihkan tubuh

Vitamin A membantu hati dalam membilas racun dari tubuh. Sehingga dapat mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat hadir dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.

(viva.co.id)

Leave a Comment