6 Manfaat Berenang Bagi Wanita

rennang

Selain membentuk tubuh yang sehat, berenang adalah pilihan olahraga menyenangkan dan bisa dilakukan siapa saja termasuk wanita. Renang juga memiliki manfaat yang sama dengan jenis olahraga seperti aerobik, lari, dan bersepeda. Namun, renang ternyata memiliki manfaat yang spesifik bagi wanita.

Cegah osteoporosis.
Beberapa penelitian membuktikan bahwa perempuan lebih rentan terhadap risiko osteoporosis daripada pria. Bucknell University Athletic Department, Amerika Serikat mengatakan, untuk mencegah osteoporosis pada wanita, sangat dianjurkan untuk berolahraga renang, karena olahraga tersebut dapat membantu menguatkan sendi tubuh sehingga mencegah tulang menjadi lemah, rapuh dan terhindar dari osteoporosis.

Kurangi risiko kanker payudara.
Olahraga yang dilakukan wanita saat usia muda, dapat mengurangi risiko terjadinya kanker payudara. Penelitian dari Cancer Research Center in Seattle, Amerika Serikat pada tahun 2003 menyebutkan, wanita yang berolahraga renang secara teratur lima kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 20 persen. Selain itu, renang juga dianjurkan bagi wanita yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara, dan mereka atau yang sedang melakukan terapi pergantian hormon.

Turunkan berat badan.
Olahraga renang juga lebih efektif membantu wanita menurunkan berat badan. Berenang selama satu jam membuat semua otot tubuh bekerja dengan baik, serta bisa membakar lebih dari 500 kalori tubuh.

Menurunkan risiko diabetes.

Kabar baik bagi wanita yang mengalami permasalahan kontrol gula darah dan menderita diabetes tipe 2. Penelitian dari University Maryland, Amerika Serikat, pada tahun 2012 mengatakah aktivitas olahraga seperti renang, membantu wanita mengontrol gula darah, serta terhindar diabetes tipe 2.

Mencegah depresi dan stres.
Wanita yang penuh dengan aktivitas padat di setiap harinya tentunya memiliki kemungkinan risiko terkena stres. Tidak ada salahnya mencoba rekomendasi dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat yang mengatakan olahraga di dalam air seperti berenang, dapat menurunkan tingkat kecemasan, menurunkan depresi dan meningkatkan mood.

Menguatkan rahim ibu hamil
Bagi ibu hamil, olahraga renang dapat mencegah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki, serta meningkatkan bentuk, dan kekuatan otot-otot rahim, dan panggul lebih kuat, sehingga proses persalinan berjalan lancar.

sumber: 1health.id

Leave a Comment