5 Tips Sehat Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Seorang wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas diyakini memiliki berbagai masalah fisik dan psikologis.

Mulai dari terganggunya siklus menstruasi, sindrom ovarium polikistik dan bahkan infertilitas.

Cara paling efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuang sebagian lemak jahat yang ada di tubuhmu.

Sebagian besar ibu hamil akan mengalami penambahan berat badan sekitar 11 hingga 18 kg untuk jenis kehamilan yang sehat.

Berikut dijelaskan beberapa cara menurunkan berat badan pasca melahirkan dengan cara yang sehat.

1. Rencanakan tujuan diet dengan cerdas

Rencanakan program dietmu sedemikan dengan konsep spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan terikat waktu.

Ingat proses penurunan berat badan itu harus berjaaln lambat.

Berat badanmu betambah selama kurang lebih 37 hingga 40 minggu saat hamil.

Dan kamu membutuhkan waktu setidaknya 40 minggu juga untuk menurunkannya.

Jangan buat rencana olahraga yang terlalu keras, tapi cukup kuat untuk memastikan berat badanmu berkurang.

2. Konsumsi makanan sehat

Kelaparan adalah hal yang tidak boleh terjadi saat kamu sedang diet, apalagi kamu sedang menyusui.

Perbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang dan batasi minum kopi dan teh.

Minum 3 gelas susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsiummu.

3. Konsumsi makanan super

Saat menyusui, sebagai seorang ibu, tubuh kamu membutuhkan banyak nutrisi.

Jadi, kamu perlu memilih makanan dengan hati-hati.

Makanan super yang dimaksud disini adalah makanan yang mengandung nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh.

Contohnya seperti ikan tuna yang kaya akan DHA, produ susu seperti yogurt yang kaya akan kalsium.

4. Banyak minum air putih

Air adalah sahabat terbaik saat kamu mncoba menurunkan berat badan.

Air putih memiliki peran penting untuk membersihkan racun-racun dari dalam tubuhmu dan menjauhkan kamu dari infeksi saluran kencing, suatu kondisi umum yang berlaku selama periode pasca persalinan.

Banyak minum air mencegah kamu mengalami dehidrasi dan meningkatkan metabolisme tubuhmu.

5. Berolahraga dengan waktu yang tepat

Olahraga yang ideal pasca persalinan adalah berjalan cepat selama 20 menit dengan tambahan peregangan yog untuk memperkuat punggung bawah, otot panggul dan otot rahim.

dikutip dari grid.id

Leave a Comment