5 Manfaat Yang Kita Peroleh Dari Olahraga Berenang

Renang merupakan olahraga yang bisa dijadikan sebagai media relaksasi. Olahraga ini dilakukan pada sebuah kolam dengan kondisi air bersih dengan kedalaman yang bervariasi. Untuk luasan kolam, Federasi Renang Internasional telah menetapkan ukuran kolam Olimpiade dengan panjang kolam 50 meter sedangkan lebarnya 25 meter.

berenang

Kamu tidak harus mengikuti referensi dari federasi renang untuk kolam renang dirumah. Anda bebas menentukan luasan kolam renang jika hanya untuk olahraga biasa / bukan atlet. Yang paling penting disini adalah bagaimana anda mengetahui manfaat dari olahraga ini. Berikut ini 5 manfaat renang bagi tubuh kita.

1. Kebugaran Jantung

Olahraga renang juga berfungsi untuk melatih kekuatan jantung, Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Olahraga ini merupakan aerobik untuk melatih kardiovaskular. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa / stroke valume sebesar 18 %.

2. Membentuk dan Menguatkan Otot

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah menguatkan otot otot triceps, kalau belum tahu otot triceps itu apa otot triceps adalah otot yang terletak dibagian belakang lengan. Peningkatan massa oto triceps ini bisa mencapai 23,8% bila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.

3. Menjaga Berat Badan/Membakar Kalori

Renang diakui sebagai salah satu pembakar kalori terbesar, dan itu bagus untuk menjaga berat.

Jumlah kalori yang Anda bakar, tentu saja tergantung pada fisiologi Anda sendiri dan intensitas Anda berolahraga, tetapi sebagai aturan umum untuk setiap 10 menit berenang: gaya dada akan membakar 60 kalori; gaya punggung 80 kalori; gaya bebas 100 kalori; dan gaya kupu-kupu membakar sebesar 150 kalori.

4. Meningkatkan Tinggi Badan

Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih.

5. Mengurangi Terjangkit Diabetes

Dalam sebuah penelitian, pria mengurangi risiko diabetes dengan rata-rata 6 persen untuk setiap 500 kalori sperminggu yang dibakar dalam latihan aerobik atau renang. Dengan hanya 30 menit dengan hanya berenang gaya dada dalam tiga kali seminggu, Anda bisa membakar 900 kalori – mengurangi risiko diabetes tipe 2 lebih dari 10 persen. Sedangkan untuk wanita juga mendapatkan manfaat yang sama: Olahraga berat hanya sekali seminggu (seperti jenis yang berasal dari sesi berenang kuat) menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 16 persen.

Masih banyak lagi manfaat dari olaharaga berenang guys, saya ambil 5 yang paling bermanfaat bagi kesehatan kita. Ayo mulai sekarang coba deh olahraga berenang, semoga bermanfat.

Leave a Comment