5 Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Ibu dan Bayi

ibu

Anda pasti sudah mendengar berbagai manfaat dari menyusui. Tapi bisa jadi ada banyak hal yang tidak di ketahui dan akan membuat Anda terkejut. Dan jika Anda tidak ingin menyusui, periksa alasan terbaik untuk menyusui yang belum Anda ketahui.

Berikut adalah sepuluh manfaat menyusui bagi Anda dan bayi Anda:

1. Terlepasnya Hormon Ikatan
Sama seperti perawatan pada kanguru (dengan sentuhan kulit), menyusui bisa melepaskan hormon ikatan yang di sebut oxytocin. Hormon yang keluar saat Anda berpelukan atau berciuman dengan orang yang Anda cintai, oxytocin memberikan perasaan dekat antara Anda dan bayi saat susu asi Anda keluar dari payudara.

2. Bisa Mengurangi Resiko Kanker pada Anak
Selain menjaga kesehatan nya dengan antibodi yang terdapat pada susu ibu, yang membantu menjaga nya dari penyakit seperti demam dan pilek, menyusui juga bisa membantu tubuh nya melawan hal yang lebih serius.

Penelitian menemukan bahwa kanker bisa di lawan dengan zat yang terkandung pada asi. Ini berarti perlindungan lebih baik melawan penyakit seperti lymphoblastic leukimia dan penyakit Hodgkin’s.

3. Mengurangi Resiko Kanker payudara
Sebuah penelitian di kolombia menemukan bahwa seorang ibu yang menyusui lebih sedikit di diagnosa mengidap penyakit kanker payudara di bandingkan yang tidak. Dan semakin sering menyusui anak, maka semakin kecil resiko yang di hadapi. Menurut Institut Kanker Nasional, menyusui juga bisa di asosiasikan dengan berkurang nya resiko terkena kanker rahim juga.

4. Membantu Peningkatan pada Otak Bayi
Tambahkan menyusui sebagai salah satu cara untuk mencerdaskan anak Anda. Sebuah penelitian yang di publikasikan oleh JAMA Psychiatry menyebutkan sekitar 14,000 anak dalam waktu enam setengah tahun, dan bagi anak – anak yang tetap menyusui memiliki hasil IQ yang lebih tinggi di bandingkan yang tidak. Selain itu, rata – rata mereka menerima penilaian yang lebih tinggi dari guru mereka.

5. Anda Bisa Menghemat dari Kawat Gigi
Semakin lama Anda menyusui, maka semakin mengurangi kemungkinan bayi Anda menderita dari malocclusion, sebuah kata sederhana dari gigi yang tidak teratur dan lengkungan gigi. Sebuah penelitian dari Brazil menyarankan untuk menyusui setidaknya lebih dari sembilan bulan merupakan cara ampuh mencegah malocclusion.

Leave a Comment