5 Khasiat Sayuran Wortel Bagi Kesehatan Anda

Wortel adalah sayuran yang sangat mantap karena mengandung vitamin K, kalium, mangan, folat, fosfor, serat, vitami E, magnesium dan seng yang sangatlah dibutuhkan pada tubuh manusia.

wortel

Berdasarkan kandungan wortel yang ada diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut manfaat wortel bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya akan kandungan Beta-Karoten yang diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A.

Kemudian Vitamin A ditransformasikan dalam retina untuk rhisopsin pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam dan menjaga penglihatan di malam hari.

Selain itu, Beta-karoten yang terkandung dalam wortel juga dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang Lanjut Usia.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kamu tahu apa yang terjadi jika kekebalan tubuh kamu menurun? tentunya akan menjadikan kamu lebih mudah terkena suatu wabah penyakit. Oleh sebab itu inilah yang menjadikan kamu haru mengkonsumsi Sayuran yang satu ini.

Kamu dapat memperkuat sistem imun dengan mengkonsumsi Wortel secara Rutin. Sebuah peneliatan menunjukkan bahwa, ketika kamu memakan Wortel yang dicampur dengan ketumbar dapat mencegah masuknya virus-virus berbahaya kedalam tubuh.

Caranya yaitu, campurlah wortel yang telah kamu buat jus dengan Ketumbar, agar kamu bisa mengkonsumsinya secara bersamaan.

Selain itu, wortel juga mengandung Antioksidan yang sangat dikenal luas oleh Masyarakat bahwa sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Di dalam wortel  memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan beta karoten, dipercaya sangat ampuh untuk menjaga tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan bahwa, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi wortel.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

4. Menekan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Jika kamu Mengkonsumsi 6 wortel dalam seminggu, menurut sebuah penilitian di Uneversitas Harvard baru-baru ini, menyatakan bahwa. Wortel dapat mengurangi resiko kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh, yang tentunya dapat menekan resiko terjadinya penyakit jantung.

Zat Antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, dalam penelitian lain yang dilakukan di Harvard menunjukkan bahwa jika seseorang mengkonsumsi 6 wortel dalam satu minggu juga dapat menekan risiko terjadinya penyakit Stroke dibandingan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 1 wortel perbualnnya.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Sifat penyembuhan dalam wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal.

Para ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan Jus wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal. Jadi tidak apa-apa untuk mengkonsumi jus ini ketika kamu sedang mengalami Sakit Ginjal.

Leave a Comment