4 Penyebab Sakit Tulang Belakang

penyebab sakit tulang belakang

Seiring dengan bertambahnya usia, salah satu masalah kesehatan yang sering muncul adalah sakit tulang belakang. Tentu saja hal ini dapat membuat seseorang merasa tak nyaman dan ingin segera mengatasinya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit pada tulang belakang, salah satu yaitu dengan cara menerapkan posisi duduk yang benar dan selalu melakukan peregangan setidaknya 30 menit sekali jika Anda bekerja di depan komputer. Lantas hal apa saja yang menyebabkan sakit pada tulang belakang itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

Inilah beberapa faktor penyebab sakit tulang belakang

Terlalu sering menggunakan high heels

Penyebab yang pertama adalah terlalu sering menggunakan high heels. seperti yang Anda ketahui sepatu hak tinggi dapat membuat penampilan seorang wanita jauh lebih menarik dan juga seksi. Akan tetapi jika Anda terlalu sering menggunakan sepatu ini, juga akan menyebabkan berbagai macam dampak negatif bagi kesehatan salah satunya yaitu sakit pada tulang belakang. Hal ini dikarenakan sepatu hak tinggi dapat mempengaruhi keselarasan gerak tulang serta menekan saraf tulang belakang. Sehingga jika Anda menggunakan sepatu ini secara terus menerus tentu saja dapat menyebabkan tulang belakang sakit dan nyeri.

Kasur yang tidak sesuai

Penyebab sakit tulang belakang selanjutnya kasur yang tidak sesuai. Tahukah Anda kasur merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Dalam memilih kasur, sebaiknya pilihlah kasur yang mampu menopang tubuh secara proporsional sehingga tulang belakang dapat beristirahat dalam posisi yang sesuai. Memilih kasur yang terlalu lembut juga tidak disarankan, karena otot tidak mampu menyangga tubuh dengan baik. Sehingga saat Anda menggunakan kasur ini, akan menyebabkan nyeri tulang belakangan saat bangun tidur.

Posisi salah saat di depan komputer

Saat belajar ataupun bekerja di depan komputer pastikan Anda memperhatikan posisi duduk Anda. Karena posisi duduk yang salah dapat menyebabkan nyeri dan sakit tulang belakang. Posisi duduk yang benar adalah duduklah dengan posisi bahu sejajar dengan posisi kaki, saat mengetik pastikan posisi tangan Anda tidak bengkok  dan posisi mata diharuskan melihat ke bawah di bandingkan menatap layar komputer. Untuk mencegah terjadinya nyeri tulang belakang, Anda juga melakukan peregangan setiap 30 menit sekali.

Melakukan kebiasaan buruk

Pernahkan Anda melakukan kebiasaan memutar pinggang atau leher untuk mengurangi ketegangan otot? Hampir setiap orang pernah melakukan hal yang satu ini. Namun tahukah Anda melakukan hal ini secara terus menerus justru akan menyebabkan permukaan sendi terkelupas dan rusak. Akibatnya, sendi-sendi tersebut menjadi tidak stabil dan juga kendor. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk yang satu ini.

sumber: disehat.com

Leave a Comment