4 Khasiat Luar Biasa Dari Kacang Hijau

kacang-ijo

Siapa yang tidak mengenal kacang hijau? Jenis keluarga kacang-kacangan yang kerap dijadikan MPASI dan juga kudapan orang dewasa ini, memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, harganya yang ekonomis dan mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Dilansir dariĀ 1health.id, inilah 4 khasiat dari kacang hijau.

Asam folat
Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, cobalah untuk mengonsumsi kacang hijau. Kandungan asam folat yang tinggi dalam kacang hijau sangat baik untuk memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, bahkan memberikan perlindungan dari terlahir dengan cacat pertumbuhan sistem saraf.

Kaya magnesium
Dalam 100 gram kacang hijau terdapat setidaknya 53 persen magnesium. Dengan mendapatkan cukup magnesium, maka dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopouse pada wanita. Selain itu magnesium juga memiliki efek yang baik bagi jantung, penderita diabetes dan juga menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

Rendah lemak
Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau dapat menjadikannya pilihan makanan bagi para penderita kolestrol. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur, dapat menurunkan kadar kolestrol tubuh secara alami.

Kaya serat
Kacang hijau juga kaya akan kandungan serat makanan yang baik untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, serat makanan dalam kacang hijau juga ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Bahkan, serat makanan tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung, dan diabetes.

Leave a Comment