4 Khasiat Jitu Kemuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

82dbf6cae1772ebce3f61a4b34447ba4_XL

Bagi Anda pecinta tanaman hias, pasti tahu dong dengan tanaman kemuning. Ya, dari segi fisik, tanaman ini memiliki daun seperti daun jeruk, cuma berukuran lebih kecil. Bunganya terminal dan harum, petal 12–18 mm, panjang, putih, dan buahnya akan berwarna merah sampai orange jika sudah matang.

Tanaman yang bernama Latin Murraya paniculata L. ini memiliki nama Inggris orange jasmin. Ia tergolong tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, kemuning juga punya faedah jitu sebagai obat herbal lho! Bunga kemuning sering dijadikan bahan alami jamu yang berkhasiat melangsingkan tubuh. Mengutip dari wikiherb.info, berikut adalah beberapa manfaat jamu berbahan kemuning untuk tubuh.

1. Melangsingkan badan
Daun kemuning dipercaya dapat melangsingkan tubuh apabila diolah menjadi jamu. Cara mengolahnya, ambil daun kemuningdan mengkudu segenggam penuh, serta setengah jari kelingking temu giring untuk ditumbuk halus. Lalu, tambahkan satu cangkir air matang untu kemudian diaduk rata. Peras dengan sepotong kain, air yang terkumpul diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Ramuan ini akan membuat langsing badan Anda jika diminum secara rutin.

2. Menghaluskan kulit
Selain itu, daun kemuning dipercaya dapat menghaluskan kulit. Caranya, cuci daun kemuningsegar sebanyak 30 gram lalu tumbuk sampai rata. Tambahkan air bersih satu gelas sambil diaduk rata. Setelah selesai, lulurkan pada kulit sebelum tidur. Melakukannya secara teratur akan menghaluskan kulit Anda.

3. Infeksi saluran kencing
Infeksi saluran kencing adalah hal yang sangat tidak nyaman. Ternyata meminum jamu dari daun kemuning dapat meredakannya. Caranya, ambil daun kemuning segar sebanyak 35 gram lalu cuci. Setelah itu tambahkan tiga gelas air bersih untuk direbus sampai airnya hanya tersisa separuhnya. Setelah dingin disaring dan diminum tiga kali sehari, masing-masing setengah gelas.

4. Mengobati sakit gigi
Selain dibuat jamu, ternyata tanaman hias ini dapat meredakan sakit gigi. Caranya, bakar minyak yang keluar dari kulit batang kemuning lalu diteteskan ke dalam gigi yang berlubang. Ajaib, setelah melakukan hal ini, sakit gigi akan reda.

Selain keempat hal di atas, kemuning juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan haid, radang kelamin, rematik, bisul, bahkan menghilangkan memar.

 

Leave a Comment