4 Khasiat dan Manfaat Semangka untuk Kesehatan

semangka

Di balik kelezatan rasanya, semangka ternyata juga menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Berikut enam manfaat mengagumkan yang tersimpan dalam buah semangka, dilansir dari daily mail.

Mempercantik kulit

Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mulai kehilangan kolagen yang menyebabkan kulit mengeriput. Di sisi lain, semangka memiliki kandungan betakarotin yang dapat mengatasi masalah tersebut. Di samping itu, mengonsumsi 180 gram semangka dapat memenuhi 20 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C dalam sehari. Asupan vitamin dapat membantu tubuh untuk menghasilkan kolagen dan menjaganya.

Menjauhi risiko stroke

Warna merah semangka berasal dari antioksidan lycopene yang sangat kuat. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan lycopene dapat menurunkan risiko stroke hampir sebesar 20 persen. Penelitian juga menunjukkan bahwa peserta penelitian yang memiliki kadar lycopene tertinggi dalam tubuhnya berisiko terkena stroke lebih rendah sebesar 54 persen jika dibandingkan dengan peserta penelitian dengan kadar lycopene terendah. Lycopene yang banyak terdapat dalam semangka ini dapat berfungsi meningkatkan fungsi pembuluh darah sekaligus melindungi pembuluh darah dari kolesterol yang terdapat dalam aliran darah.

Menjauhi flu

Kandungan lycopene yang tinggi dalam semangka juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah terserang flu.  Di samping itu, lycopene juga dinilai para ahli dapat membunuh sel kanker yang baru bertumbuh. Pasalnya, lycopene merupakan anrioksidan yang sangat kuat sshingga dapat menepis berbagai radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Meringankan Nyeri Otot
Semangka ternyata juga dapat mengatasi nyeri otot yang disebabkan oleh berbagai hal seperti olahraga dan posisi duduk yang salah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potassium dalam semangka yang dapat meregulasi pergerakan syaraf dan juga otot. Selain itu, potassium dalam semangka juga dapat menjaga kalsium dalam tubuh sshingga tulag dan sendi menjadi lebih kuat.

(klikbontang)

Leave a Comment