3 Masalah Kulit Wajah Wanita dan Cara Mengatasinya

wajah wanita

Bagaimana cara mengatasi jerawat yang diakibatkan oleh faktor stres dan hormonal?

Perlu diketahui bahwa stres dan hormonal tidak menyebabkan jerawat tapi bisa memperburuk keadaan jerawat. Komedo terbuka dan tertutup adalah salah satu bentuk jerawat tidak aktif yang bisa menjadi aktif (infeksi) karena faktor tertentu.

Rata-rata penderita jerawat mempunyai pori yang tersumbat dan tidak terlihat secara kasat mata. Bagi banyak orang, jerawat merupakan masalah kronis yang tidak dapat hilang sepenuhnya dalam waktu seminggu dan membutuhkan terapi jangka panjang seperti penggunaan produk yang dapat mencakup benzoil peroksida, retinoid, antibiotik, dan perawatan hormonal.

Dalam kasus yang lebih sulit, isotretinoin dan untuk beberapa obat harus melalui resep dokter, tidak lupa harus olah raga dan perbanyak konsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi agar kulit kembali sehat.

Apakah perbedaan breakout dan purging skin?

Purging adalah proses pembersihan kulit wajah dari kotoran, jerawat, dan minyak berlebih yang menyumbat pori yang memberikan efek berjerawat sebelum kulit menjadi bersih.

Purging terjadi saat pemakaian produk non-comedogenic seperti produk yang mempunyai kandungan AHA (glycolic acid, lactic acid, malic acid, citric acid, tartaric acid), BHA (salycilic acid), tretinoin, dan acne topical solution lainnya.

Reaksi awal purging bisa menjadi sistem pertahanan kulit secara alami untuk mengembalikan keseimbangan kulit. Sedangkan efek breakout terjadi saat kita menggunakan produk comedogenic yang bersifat menutup pori-pori kita sehingga muncul jerawat baru.

Apakah facial dengan ekstraksi komedo itu baik untuk kulit? Atau dapat mengakibatkan efek sebaliknya? 

Facial dengan ekstraksi komedo cocok untuk kulit dengan blackhead dan whitehead, serta tidak dianjurkan ekstraksi komedo dilakukan pada jerawat aktif. Prosedur harus steril dan dikerjakan oleh tenaga kecantikan ahli agar tidak menimbulkan jerawat baru atau luka di permukaan kulit.

(herworld.co.id)

Leave a Comment